Jumat, 07 Desember 2012

[Review] My Life as Film Director

Hai semuanya, kemarenan ini gue abis aja baca buku yang judulnya "My Life as Film Director". Buku ini gue beli saat acara "What's Next After Blogging?".

Buku ini berisikan latar belakang, tips and trick, dan perjalanan karir 4 Sutradara ternama yaitu Hanung Bramantyo, Joko Anwar, Ifa Isfansyah, & Sammaria Simanjuntak. Di buku ini gue jadi tahu gimana awalnya mereka pada bisa jadi sutradara, gimana cara meyakinkan orang tua mereka, apa saja yang dibutuhkan ketika lo menjadi Sutradara.


Karena ini judulnya aja "Review". So, i want to review this book from my honestly point of view:
(+) Buku ini dari segi appearance oke. Mulai dari typography-nya. Terus gambar-gambar yang ada di dalamnya. Warna-warna setiap halaman yang beda-beda (tapi gak norak). Dan juga pembatas bukunya. Pokoknya ini berasa banget kalo ini buku kreatif.
(+) Buku ini menjelaskan perjalanan sutradara from zero to hero. Ada yang mulainya dari magang di production house, ada yang mulai dari bikin film pendek. Pokoknya kalo lo yang baca review ini posisinya sama dengan gue yang lagi amatir-amatirnya memproduksi film pendek untuk mempelajari gimana caranya jadi sutradara, nah mereka juga mengalami hal yang sama dengan kita. Dan setelah membaca buku ini gue jadi optimis kalo suatu saat gue akan berada di posisi seperti mereka (amin).

(-) Bukunya kurang padet materinya. Banyak materi yang udah dibahas di bab awal, terus sedikit diulang lagi di bab selanjutnya. Begitu juga di beberapa paragraf ada point yang sudah disampaikan di kalimat pertama, dan disampaikan lagi di kalimat ketiga atau keempat.
(-) Urutannya gak tetap. Jadi di perkenalan latar belakang sutradara, pertama itu Hanung, lanjut ke Joko, Ifa & Sammaria. Tapi ada di bagian apa yang tiba-tiba dari Hanung ke Ifa atau tiba-tiba ke Samaria. Gak sistematis, jadi harus sedikit mikir ketika ganti sutradara "nah ini giliran siapa ya?". Dan ada beberapa topik yang hanya dibahas dari point of view beberapa sutradara. Gak semuanya.


Tapi secara keseluruhan gue recommend kalian untuk beli buku ini biar tau gimana perjuangan mereka untuk menjadi sutradara seperti sekarang. Mereka melewati masa yang ecek-ecek kayak kita semua kok. Tapi mereka berhasil menjadi besar seperti sekarang karena niat, usaha, doa, dan konsistensinya mereka. Garis besar yang gue tangkep dan catet dari buku ini yaitu, semuanya bermula dari awal dan semuanya butuh proses.

Rate: 7/10

NIZARLAND
"Where The Land Inspires The World"

1 komentar: