Selasa, 05 November 2013

Rasanya Cabut & Tambel Gigi

Hmmm....Pasti banyak banget dari kalian yang mengalami masalah yang sama kayak gue, yaitu masalah gigi. Entah itu gigi berlubang, atau gigi yang harus dicabut dan sebagainya. Sejujurnya di umur yang sekarang, gue menyesal kenapa dari kecil gue gak rajin gosok gigi. Karena gue cuma gosok gigi pas mandi pagi aja. Gak pernah gosok gigi menjelang tidur. Baru beberapa tahun terakhir ini gue akhirnya memulai dengan rutin untuk menggosok gigi sebelum tidur. Ya, mungkin terdengar jorok bagi sebagian orang. Tapi itu lah kenyataannya, mungkin gue salah satu dari beberapa ribuan atau jutaan orang yang gak aware tentang masalah gigi.

Perkara gigi bolong ini sudah gue rasain dari mulai kuliah sepertinya. Trus gue sempet nambel di Puskesmas. Dan karena alasan jadwal kuliah dan semacamnya, gue cuma ke dokter itu dua kali. Padahal harusnya tiga kali balik. Jadi yang namanya tambel gigi itu bukan kayak tambel ban motor yang sekali lo dateng bisa selesai. Gue gak ngerti juga kali ya, sepertinya tergantung case nya juga. Ada yang 3 kali harus balik atau bahkan lebih banyak.

Tambelan yang di puskesmas itu sepertinya tidak bertahan selamanya. Emang sih itu perawatannya belom selesai. Itu masih perawatan yang sementara. Tapi karena gue bandel, mungkin kebanyakan orang juga seperti gue. Ketika gigi gue udah gak sakit, ya gue males pergi ke dokter. Ngapain? Buang-buang waktu dan buang-buang duit. Tapi padahal gue salah besar. Seharusnya gue jalanin treatmentnya sampai selesai.

Gue memulai perawatan gigi lagi setelah gue udah kerja, dimana gue dapet asuransi yang walaupun ada limitnya tapi lumayan lah cukup untuk menangani kasus gue ini. Gue pergi ke dokter gigi yang ada di Apotek Imphi, Otista. Kenapa? Ya karena disana deket rumah gue hahaha. Gue gak searching-searching mencari dokter yang terbaik di kota ini atau sebagainya. Ya yang deket aeee dari rumah, biar gampang hahaha (simple reason).

Oh iya, gue mulai ke dokter itu ketika gigi gue yang bolong sudah berasa sakit dan sangat nyut-nyut-an. Karena awalnya gue takut kalo di bor dan semacamnya. Karena waktu di puskesmas seinget gue gue gak pake di bor, atau di bor tapi cuma dikit ya. Pokoknya saat itu perawatannya gak terlalu parah emang karena (mungkin) bolongnya belom terlalu parah. Tapi yang kali ini sepertinya sudah parah karena udah nyut-nyut-an. Keberanian itu datang ketika nyut-nyut-an itu menghampiri. Gue beranikan diri untuk ke dokter gigi dan ternyata rasanya........GAK SAKIT!!!!!!!!

Sumpah, gue gak bohong. Gue bukannya ngepost untuk jualan dokter gigi atau di-endorse dan sebagainya. Tapi emang beneran gak sakit. Dulu yang ada di bayangan gue itu, kata orang-orang di bor. Gue mikirnya, "Anjir gigi gue di bor, pasti sakit. Anjir di bor sampe kena gusi". Pokoknya pemikiran-pemikiran tolol itu lah yang dateng. Tapi ternyata eh ternyata, pas di tambel ya enggak sakit. Soalnya kan gigi beda ya sama kulit atau apa. Kalau kulit lu di bor mah sakit. Gue gak ngerti sih secara medis kenapa kalo gigi gak sakit. Karena emang belom sampe kena lapisan syaraf atau apanya lah itu. Pokoknya INTINYA. TAMBEL GIGI GAK SAKIT. Emang sih ada beberapa titik dimana ketika gigi lo di bor dan itu berasa ngilu, tapi lo tinggal kasih respon yang normal ke dokternya, dan pastinya dokter itu langsung kasih tindakan yang pas buat lo.

Gue ditambel tiga gigi. Awalnya cuma dua. Dan satu gigi sampe 6 kali balik ke dokter untuk treatment. Jadi total 12 kali. Ditambah ternyata ada satu gigi yang keliatannya bolong kecil, ternyata pas diperiksa sama dokternya lumayan, dan untuk gigi yang itu harus di-treatment dua kali.

Mungkin banyak yang berfikir "Gila, sampe 6 kali bulak-balik? Kenapa gak sekali ae? Wah diboongin sama dokternya kali lo!". Gue juga awalnya mikir kayak gitu. Tapi ketika gue tanya-tanya ke temen gue yang lagi koas di FKG, mereka ngejelasin kalo emang yang namanya perawatan bisa gak cuma sekali. Ada yang namanya perawatan sistem syaraf atau apalah namanya, gue agak lupa. Jadi ketika dateng pertama kedua itu gigi lo dimasukin obat dulu untuk nyembuhin syarafnya, ntar kalo udah sembuh baru deh ditambel secara permanen dan bisa pilih mau tambel logam atau X-Ray. Kalo tambel logam lebih murah, tapi warnanya item kayak warna logam gitu. Kalo misalnya X-Ray emang sedikit lebih mahal, tapi warnanya akan sama dengan warna gigi.

Untuk 14 kali treatment untuk 3 gigi ini gue habis sekitar 2juta sekian. Gue gak tau ya ini murah atau mahal. Karena ini pertama kalinya gue ke dokter gigi dan punya preferensi lain. Tapi kayaknya sih segitu ya emang normal untuk sampai 14 kali treatment sampai tambel permanennya.

Trus kan ada satu gigi gue yang karena terlambat ditambel, jadinya mau gak mau harus dicabut. Awalnya gue males karena mikir, "Ah kalo dicabut ntar gue ompong dong, trus kata temen gue yang anak FKG, gigi lo bisa renggang. Ah males ah, belom sakit juga, entar aja kalo udah sakit". Tapi akhirnya kemaren gue beraniin untuk cabut gigi, dan ini pertama kalinya. Karena gigi gue ini udah habis setengah bagiannya. Gue takutnya lama kelamaan habis dan susah untuk dicabut dan harus dioperasi atau bahkan mempengaruhi syaraf. Soalnya kan gigi kita itu banyak syarafnya. Kalo udah kena sampai syaraf, itu yang bahaya.

Pertama kali ke dokter dan bilang mau cabut, gue nanya dulu "Dok, cabut gigi gak sakit kan ya dok? hehe". Dokternya cuma bilang "Enggak" dengan datarnya. Sebenernya dokter itu gak meyakinkan gue, tapi gue meyakini diri gue sendiri kalo ini gak sakit. Ya kalo sakit pun, masih sakit-sakit normal lah.

Lampu dinyalain persis di depan mata gue, dan itu bikin silau, dan gue jadi merem. Dokternya awalnya nge-bor gigi gue. Gue gak tau ngapain, tapi di bor dulu, biasa aja gak terasa sakit, karena gue udah berpengalaman sampai 14 kali treatment dengan bor-bor-an hahaha. Abis itu gue disuntik gusinya. Dari arah dalem dan luar gigi. Hmmm agak sedikit sakit sih, tapi cuma sekitar 3-5 detik kok. Dan sakitnya gak sakiiiiiit banget kayak yang kebanyakan orang ceritain. Sakit-sakit normal kalo disuntik lah. Abis itu dokternya ngeracik obat dan kemejanya, gue cuma merem. Dan dokternya nanya "Gimana zar? Sudah berasa tebel?". Eh tenyata bener, bagian iri mulut gue berasa bengkak dan tebel. Bukan sakit, ini mungkin efek biusnya, bibir gue rasanya jontor, tapi gak sakit. Kemudian sama si dokter dicabut pake apalah itu gue gak tau, karena gue cuma merem. Trus terasa si dokter susah untuk nyabut, dan dia pake alat bor lagi, trus dicabut lagi sampai akhirnya berhasil dicabut dan dokternya ngeliatin ke gue gigi yang dicabut itu. Yang dibayangan gue ketika abis dicabut, gue akan berasa kesakitan dan tereak "AAAAAAAAK!!!!". Tapi ternyata gak berasa apa-apa. Abis itu dokternya kayak masukin obat atau apalah itu dan masukin kapas untuk gue gigit. Setelah itu gue disuruh nebus obatnya deh di apotek.

Nah, disini poin yang mau gue share adalah:
1. Rawatlah gigi lo sedini mungkin, karena kalo gigi itu bukan kayak kulit yang korengan, yang kalo luka bisa numbuh kulit baru. Gigi ini irreversible. Jadi kalo udah bolong gak bisa sembuh lagi, ya mau gak mau harus dicabut.
2. Kalo ada gigi lo yang bolong, langsung aja ke dokter gigi secepatnya. Jangan nunggu sampai sakit dulu. Karena semakin awal lo dokter, perawatannya akan lebih sebentar, akan lebih murah, dan gigi lo pun akan cepet sembuh. Kalo lo nunggu lama, itu akan semakin bolong gede, dan kalo udah gabisa ditambel ya mau gak mau harus dicabut.
3. Kalo lo ada gigi yang harus dicabut, juga cabut aja secepatnya. Emang sih bisa bikin gigi renggang, tapi kan bisa pasang gigi palsu. Mungkin mikirnya "Gigi palsu gak senyaman gigi asli lah". Ya iya bener, tapi lo udah terlambat untuk mikir kayak gitu. Coba lo mikirnya dari dulu sebelom gigi lo udah parah. Kalo udah parah ya mau gak mau harus dicabut daripada nanti mengganggu syaraf lo.

Sekian postingan dari gue. Gue cuma mau share apa yang gue rasain tentang gigi karena gue tau banyak juga yang punya kasus mengenai gigi. Semoga postingan ini bermanfaat yah. Kalo emang ada beberapa statement yang beda dengan medical reason, ya maaf aja namanya juga orang awam. Gue cuma nulis apa yang gue tahu. Kalo ada yang salah-salah, mohon dikoreksi yah. Thank you :)

NIZARLAND
"Where The Land Inspires The World"

61 komentar:

  1. bener ga sakit ya? Kira-kira berapa lama jangka waktu dari gigi bolong yang harusny ditambal sampe harus di cabut?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pada saat dicabutnya beneran gak kerasa kok. tapi emang kerasa setelah pas beberapa jam abis itu setelah obat biusnya udah ilang efeknya, tapi kan dikasih obat, jadi gak terlalu2 sakit amat. kalo dari gigi bolong yang bisa ditambal sampe bener2 harus dicabut saya kurang tau sih. maklum bukan dokter gigi, saya pasien hehe

      Hapus
  2. Bang Nizar, lo cabut gigi kena berapa? Kayaknya gue mau cabut di Imphi juga neh hha males jauh jauh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. seinget gue waktu itu gue cuma Rp.300rb kok Vera buat nyabut gigi disana. Tapi akan beda2 tergantung case by case sih

      Hapus
  3. 1 kali treatment biaya berapa bang? terakhir kali saya treatment pas smp itupun dibayarin orang tua, sekarang kayaknya mulai kambuh lagi. Jadi mau treatment gigi lagi tapi mau make biaya sendiri. -sony

    BalasHapus
    Balasan
    1. biaranya sih 100-300rb, tergantung case nya kayak apa

      Hapus
  4. gua nysel bgt cabut gigi. bkin ompong..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmmm iya sih bikin opong, tapi kan lebih baik gitu, daripada giginya rusak

      Hapus
    2. bkin kagak PD! klo gigi geraham pake gigi palsu aman& nyaman gak?

      Hapus
    3. saya waktu itu kan gigi geraham yang dicabut, ini belom kesampean mau pasang gigi palsu, jadinya gak bisa bilang aman dan nyaman atau enggak hehe

      Hapus
  5. Aku orang yang takut sma benda 2 tajam yang msuk di mlutku .aku tkut. Tpi aku suka dn diam aj jga gk rasa sakit klo dokter itu lembut bangett dn aku tkut skali klo misalnya kna tang dn ompong. gila nanti apa kata org. aku jga tkut soal nanti teriak 2 smpe mikirin hal 2 engggak 2

    BalasHapus
  6. Kak. Mungkin gak kalau beres cabut gigi sejam kemudian ikut uas? Janjian sm dokternya besok dan tiba2 uas juga besok :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. I don't think so Lia. Justru sakitnya beberapa jam setelah dicabut. Kalo UAS nya hari besoknya masih gapapa deh. Kalo sejam kemudian sih agak ngeri juga.

      Hapus
  7. Bentar lagi gw tambal :v

    Njir serem

    BalasHapus
  8. sakit ga sih pas disuntiknya ? sakitan mana sama pas disuntik tanganya? masih ngerasa takut nih pas di suntik giginya. coz gw takut disuntik

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmmm seinget gue sih gak sakit2 amat kok pas disuntiknya. gue sih gak inget waktu sakitnya gimana. apa mungkin karena gue pun gak takut kalo di suntik ditangan yah. gak sakit2 banget kok, sunggug

      Hapus
  9. Jujur gw takut sama dokter gigi. Terakhir kelas 2 atau 3 sd, skrg gw udah kuliah.
    Dan kayanya geraham kanan gw bolong, dan yg kiri problemnya sama kaya lu bro, udah ancur setengah gitu, jadi kayanya mesti cabut.
    Disuntiknya bene ga sakit? Sakitan mana sama suntik infus? Dan katanya beberapa jam setelah cabut gigi sakit, bisa kasi tau sakitnya kaya apa? Biar bisa antisipasi hehehe.
    Thanks bro infonya, sedikit pencerahan dan dapet power ke dokter gigi setelah baca ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. suntiknya beneran gak sakit kok, gue gak berasa. gue gak pernah diinfus sih. tapi kalo misalnya kayak donor darah atau ambil darah kan kadang2 suka kaget diawal. waktu itu si gue gak ngerasa kalo disuntik. hmmmm setelah cabut itu sakitnya gue bingung jelasinnya gimana, beneran ngebet dan bikin gakbisa tidur sih sejujurnya. tapi kata temen gue yang dokter gigi seharusnya abis lo cabut gigi nanti pas sakit lo minum obat, tapi karena gue cabut giginya malem jadi pas mulai bereaksinya pas tengah malem dan bukan jadwalnya minum obat. jadi gue tahan2 urign2an di kasur sendiri. tapi setelah udah bisa ngelewatin sakit yang itu, kedepan2nyya gak sakit2 lagi alhamdulillah. semangat bro!! cabut aja, yang penting kesehatan mulut dan gigi lo aman

      Hapus
  10. Gigi geraham ane ilang setengah, dua duanya lagi, kanan kiri :"3

    BalasHapus
  11. tergantung lubang gigilu kek gmana.
    Gw pernah tambal karna sakit gigi. Ternyata kudu dimatiin sarafnya. Sakit bener bro, sumpah.
    Kalo tambal" biasa tanpa perlu matiin saraf sih ga sakit, biasa aja.
    Mangkanya kalo gigilo lubang, buruan ditambal. Jangan ampe sakit gigi..

    BalasHapus
  12. Fix ntar sore gw mau nambal gigi, pasti gw berani !

    BalasHapus
  13. Zar, kalo giginya udah di diemin 2 tahun, gimana?

    BalasHapus
  14. coba langsung konsultasiin aja ke dokternya bro

    BalasHapus
  15. Bang mau ikutan nanya dong hehe skrg lo gerahamnya dikosongin aja apa pake gigi palsu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gigi palsu dong. soalnya gigi itu bisa bergeser. kalo misalnya gak dipasang gigi palsu nanti yang lain2nya akan bergeser dan menyebabkan gigi lo renggang2

      Hapus
  16. Masa sih tambal gigi ha sakit ? Ada gigi yang bolong mau di tambal tapi ngeri sama bornya rasanya ngilu gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener kok gak sakit. harus secepetnya ditambel, daripada kalo udah gabisa ditambel nanti susah looh hehe. nantinya malah harus dicabut kalo udah gabisa ditambel

      Hapus
  17. Baru aja tadi siang cabut gigi. Sakit suntiknya cuma berasa pedih dikit gitu. Habis itu udh ga kerasa apa2. Cuman setelah biusnya habis agak sakit tp aku banyakin minum air es sakitnya lumayan hilang sih hehe. Ga ush takuy. Bener kata bang nizar kalau 1 gigi udh rusak harus segera di beresin kalau gak bakterinya pindah ke gigi lain

    BalasHapus
  18. Aku cabut gigi nggak sakit sama sekali.....dulu dikasih obat bius rasa strawberry lhoooo
    ..enak,aku nggak pake suntik kok.

    BalasHapus
  19. Makasih bgt...ni smakin meyakinkanku tekad pergi ke dokter buat tembel gigi haha....dr kmrn takut katanya di bor...

    BalasHapus
  20. beneran ya d tambal gak sakit?? masuk ruangan ny aj serem kyk ruangan operasi.. gigi sy udh senut2 yg bolong mau d tambal takut.. ktnya pke bpjs bs tambal..ud ad yg pernah nambal pke bpjs blm y??

    BalasHapus
  21. beneran ya d tambal gak sakit?? masuk ruangan ny aj serem kyk ruangan operasi.. gigi sy udh senut2 yg bolong mau d tambal takut.. ktnya pke bpjs bs tambal..ud ad yg pernah nambal pke bpjs blm y??

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung case nya sih kayaknya, tapi gue yang waktu kemarenan gak sakit. dan belom pernah nambel pake bpjs, waktu itu pake asuransi dari kantor

      Hapus
  22. Numpang tanya bang Nizar!! Apa benar tampal gigi gak sakit? Lebih sakit mana antara tampal gigi dengan gigi yang nyut-nyutan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih sakit nyut2an nya sih, tapi pas tambel sih waktu gue gak berasa. tergantung case nya masing2 sih, tapi pas sakit ngilu gitu pasti sama dokternya dikasih treatment biar gak sakit

      Hapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  24. Kalau gigi depan yg di tambal apa gk sakit??...tapi lubang nya masih kecil tapi kata teman2 harus segera di tindaki...bisa gk beri gambaran kaya apa rasa nya di tambal dan di bor??

    BalasHapus
  25. Aku punya gigi depan yg bolong tapi masih kecil gmna tuh rasanya di tambal??....bisa beri gambaran agar rasa takut saya hilang

    BalasHapus
    Balasan
    1. lo anggap gigi lo tuh keramik, trus di bor, gak ada rasanya kan. beda sama rasanya kulit lo kecubit. apalagi kalo masih kecil, harusnya sih gaberasa. gak sakit kok, buru2 ke dokter deh.

      Hapus
  26. Hi ka mau nanya. Kan bahan buat tambal gigi katanya beda2 ya, kaka wkt itu pake yg mana? Terus pas udh ditambal rasanya giginya biasa aja atau kaya ada yg ganjel gitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gue lupa sih, karena udah lama yah. yang jelas yang bahannya sama kayak gigi, bukan yang logam

      Hapus
  27. Case ku sama kaya case mu bang,kanan bolong,kiri kropos sebelah. Waktu SD pernah ditambal,trauma bang.Sempat lari dari rumah sakit nya,sampe di kejar kejar sama orang tua :D.Itu semua gara-gara biusnya yang disuntikin,yah mungkin pas kecil jadinya takut. Tapi sekarang rencananya mau pengobatan full gigi kanan sama kiri nih.Biar nyaman kalo mau makan-makan jajan atau ngemil :D.
    Thanks ya bang,BTW namamu sama kayak nama Kakak perempuan ku bang,hahaaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hah??? baru pernah denger perempuan namanya Nizar hehehe

      Hapus
  28. Gue pengen cabut bang .. tapi masih sakit. Apa harus sembuh dulu ?

    Trus misal mau cabut lebih dr 1 gigi jaraknya berapa hari ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ke dokter langsung aja, biasanya dikasih treatment dulu, dia yang tau kapan boleh dicabut, kapan mesti harus tunggu. beda2 sih ya setiap case nya, waktu gue sih gue seminggu jedanya

      Hapus
  29. Oiya bang . Kalo mau cabut tuh giginya harus sembuh dulu yaa trus kalo misal mau cabut lebih dr 1 gugi jaraknya brp hari ?

    BalasHapus
  30. Oiya bang . Kalo mau cabut tuh giginya harus sembuh dulu yaa trus kalo misal mau cabut lebih dr 1 gugi jaraknya brp hari ?

    BalasHapus
  31. bang, kalo tambal gigi di bius nggak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo tambel sih enggak, kalo di cabut iya

      Hapus
  32. kalo,tambal gigi di bius tuh nggak bang?

    BalasHapus
  33. bang, kalo tambal gigi di bius nggak?

    BalasHapus
  34. bang, kalo tambal gigi di bius nggak?

    BalasHapus
  35. Bang nizar..boleh tanya gak ? Jdi tahap2 dokter yg mau nambal gigi itu apa aja sih bang..
    Aku pinggiranpinggiranagak menipis nih..

    BalasHapus
  36. Bang nizar...boleh tanya gak? Sebenrnya tahap2 menambal higi itu apa ajah sih..
    Soalnya tkut nih.. Pinggiran gigiku udh mulai menipis n keropos nih..

    BalasHapus
  37. Kak tanya kak.gigi gue yg geraham sakit nyut nyutan bolong separuh hi ngeri.Trus kata bokap ama nyokap suruh ditembel.Tapi gue takut pas disuntiknya sakit apa kgk jujur kak!.tapi kalau dah bolong separuh di cabut apa ditembel ini dah gk kuat aaakkk .Plies jawab nanti mau ke dentist

    BalasHapus
  38. Kak tanya kak.gigi gue yg geraham sakit nyut nyutan bolong separuh hi ngeri.Trus kata bokap ama nyokap suruh ditembel.Tapi gue takut pas disuntiknya sakit apa kgk jujur kak!.tapi kalau dah bolong separuh di cabut apa ditembel ini dah gk kuat aaakkk .Plies jawab nanti mau ke dentist

    BalasHapus
  39. Kak tanya kak.gigi gue yg geraham sakit nyut nyutan bolong separuh hi ngeri.Trus kata bokap ama nyokap suruh ditembel.Tapi gue takut pas disuntiknya sakit apa kgk jujur kak!.tapi kalau dah bolong separuh di cabut apa ditembel ini dah gk kuat aaakkk .Plies jawab nanti mau ke dentist

    BalasHapus
  40. Kak tanya kak.gigi gue yg geraham sakit nyut nyutan bolong separuh hi ngeri.Trus kata bokap ama nyokap suruh ditembel.Tapi gue takut pas disuntiknya sakit apa kgk jujur kak!.tapi kalau dah bolong separuh di cabut apa ditembel ini dah gk kuat aaakkk .Plies jawab nanti mau ke dentist

    BalasHapus