Minggu, 13 Januari 2013

Cerita 3 Hari di Kantor Baru

9 Januari 2013, itu adalah tanggal gue masuk perdana di PT. DSME Indonesia. DSME ini singkatan dari Daewoo Shipbuilding Marine Engineering. Sudah sebegitu excitednya gue nunggu tanggal ini. Karena udah kelamaan nganggur, dan gak sabar buat "mikir" tentang engineering.

Hari pertama masuk jam 1 siang. Alhamdulillah banget, karena paginya ujan cukup deras. Gue berangkat cuma 15 menit. Emang karena deket, cuma 7 Km dari rumah. Masuk gedung Tempo Scan Tower, dan harus ribet nuker kartu buat naik lift. Secara anak baru, belom punya ID Card, sedangkan untuk pencet lift ke lantai 30 itu harus pake ID khusus. Untung ketemu sama Pa Agus, orang HRD DSME, jadinya kita naik lift barengan Pa Agus. Dia yang akses-in lift nya.

Sampai di lantai 30, sudah berjejer orang korea yang menyambut dengan hangatnya. Kemudian kita mengambil formulir data diri yang harus diisi. Furniture yang masih begitu barunya, bahkan masih banyak tukang yang lewat untuk menempel logo perusahaan di beberapa kaca. Karena memang kantor ini masih sangat baru. Sesenang dan sesemangat itu merasakan atmosfir baru ini di lantai 30 gedung yang bagus dengan karpet sebagai alas lantainya dan pemandangan kota jakarta dari atas sebagai "view" indah yang terlihat dari jendela.

Setelah isi formulir, dapet snack dan kita masuk ke ruang Orientation Room. Disana kita diperkenalkan dengan banyak petinggi petingginya. Mulai dari engineernya sampai president director. Hari pertama ditutup dengan bincang-bincang dengan president director dan pembagian ID Card.

Lanjut hari kedua,
10 Januari 2013, dengan semangatnya gue berangkat ke kantor. Air di pagi hari yang begitu menyegarkannya membuat gue semangt untuk ngantor di hari kedua dengan mengalungkan ID Card dengan bangganya. Maklum lah, masih anak baru. Masih norak-noraknya. Sampai kantor, sudah mulai dengan apiknya menggunakan ID Card untuk akses lift.

Sampai di Orientation Room, gue melanjutkan dengan berkenalan dengan teman-teman yang lainnya. Batch satu ini ada sekitar 34 orang. Hari kedua ini kita banyak dapet materi tentang visi misi perusahaan, company profile, korean culture, offshore business, dan lain-lain. Sebegitu seru dan sebegitu senengnya dengerin materi-materinya. Karena memang sudah lama banget gue gak dengerin tentang hal-hal teknik gini yang menurut gue sekarang "kok keren sih".

Yang paling seru di hari kedua ini adalah, setelah sholat ashar kita ngelanjutin acara di Hotel Gran Melia yang persis ada di samping Tempo Scan Tower. Kita kumpul di satu ruangan yang simpel dan cukup mewah dengan enam meja bundar yang cukup besar dengan satu mejanya cukup untuk delapan orang. Jadi semacam bangku-bangku dinner dengan case putih yang begitu anggunnya.

Acara pertama dimulai dengan games ice-breaking tebak-tebakan perkelompok dan dilanjutkan dengan game simulasi pembuatan puzzle offshore facility. Jadi itu simulasi kita buat proyek, ada yang jadi project leader, engineer, dll. Ada juga yang nyatet tentang 5W1H dari proyek membangun puzzle ini. Gue jadi engineernya pada saat itu, yang ikutan ngutak-ngatik puzzle nya biar berbentuk rig tiga dimensi. Abisnya seru aja, kayak mainan anak-anak, tapi ini rig. Ada kok gue fotonya. Alhasil, kelompok gue jadi salah satu dari dua tim terbaik.

Ini dia yang kita buat, puzzle 3D berbentuk rig

Karena sudah maghrib, maka kita melanjutkan sholat maghrib dan abis itu dinner bareng di Gran Melia itu. Jadi buffet gitu. Kita ngambil sepuasnya, mulai dari makanan indonesia, western, korea, japanese, dan apalah itu. Gue awalnya nyoba nasi dengan ayam dan daging dulu sebagai pembuka. Lanjut nyobain pizza dengan dimsum. Dan sebagai dessertnya cobain ice cream yang diatasnya ada semacam biskuit yang berbentuk kayak crabby patty spongebob yang berwarna hijau den juga kue mocca yang kecil, dan juga marshmellow dan anggur yang dibalut dengan coklat cair yang disajiinnya seperti air mancur.

Nah yang ijo itu yang kayak crabby patty, yang lainnya itu ice creamnya

Mocca cake, dan yang kirinya marshmellow dan anggur yang dibalut coklat cair

Pas makan ini, waktunya kita lebih mengakrabkan diri dengan temen-temen dan juga bos kita. Bener-bener merasakan kayak keluarga besar yang lagi makan bareng. Pokoknya seru deh, sampe gue pulang langsung tepar. Kecapekan makan kayaknya hehehe.

Hari ketiga
11 Januari 2013. Hari ketiga. Awalnya mau pake batik, tapi gak jadi, karena masih gatau budayanya apakah jumat pake batik atau enggak. Kita kembali ke orientation room. Kita masih mendapatkan materi materi pengenalan yang berbeda dari hari sebelumnya. Kemudian dilanjutkan dengan sholat jumat, balik ke kantor sebentar untuk evaluasi orientasi tiga hari ini dan kemudian pulang pada jam 2 siang. Enak kan, bisa balik siang gitu :D

Jadi intinya,
Gue merasa senang dan menikmati tiga hari masa orientasi di DSME ini. Ketemu banyak temen baru yang gue percaya akan menjadi keluarga baru. Bisa kenalan dengan banyak orang korea, dan berlatih berbahasa inggris setiap hari untuk komunikasi dengan mereka. Bisa mulai "mikir" dan ngitung lagi. Secara otak gue udah kelamaan gak "mikir". Terus juga anak-anaknya pada masih muda semua.

Yang bikin gue seneng, karena ini kan kantor baru, jadi paling atasannya itu ada 10-20 orang. Sisanya yang calon engineer macem gue ini, di batch gue aja ada 34 orang. Dan kita ditraining dulu 3 bulan, kemudian probation 4 bulan. Enak kan, jadi lo belajar dari nol bareng temen-temen lo ber-34. Jadi ya, yang gue rasain bukan kayak masuk kantor yang gue doang anak barunya, terus isinya pada orang tua semua, terus office politic nya udah berasa banget Gak kayak gitu. Bahkan company regulationnya aja, masih dalam tahap pembuatan, jadi ide-ide kita kemaren didengerin yang nantinya jadi bahan pertimbangan untuk peraturan perusahaan.

Dan gue jadi melihat bahwa "wah, engineer tuh keren ya" dengan banyaknya anak muda yang ada disini dan juga asik-asik. Jadi bukan yang tua trus yang kaku kaku gitu. Masih sebaya, dan sepaham lah becanda-becanda-an-nya. Berasa kayak masuk kuliah, terus punya temen seangkatan. Anyway kantornya yang deket rumah dan bagus juga jadi salah satu hal yang bikin gue seneng.

ID Card tampak depan dan belakang

Itu adalah cerita masa orientasi gue di kantor baru selama 3 hari ini. Semoga kesenengan dan keseruan yang gue rasain bisa selamanya gue rasakan. Karena gue tau juga sih, ini masih awal, masih masa training, nanti kedepannya gak akan selalu se-menyenangkan ini. Akan ada yang namanya deadline, pressure, mungkin dimarahin bos, dll. Tapi gue yakin gue bisa menghadapinya. Gue udah siapin, fisik dan mental, serta jasmani dan rohani untuk ngejalanin ini semua.

Semoga gue bisa betah dan dapet banyak ilmu di perusahaan ini. Gue akan sharing lagi, kalo ada pengalaman seru lainnya. So, just follow this blog, so that you can see the update regularly. See you :)

Update
Tulisan ini dituliskan dengan jujur tanpa dilebih-lebihkan. Karena emang itulah perasaan si Penulis "Pada Saat Itu". Mungkin bisa membaca tulisan kenapa saya resign disini sebagai bahan pertimbangan.

32 komentar:

  1. semacam biskuit yang berbentuk kayak crabby patty spongebob yang berwarna hijau --> macaroons. Masyalaah, antum kurang pinter ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahahahaha ketauan kan anaknya kurang gaul, beginian aja gak tau hahahaha

      Hapus
  2. Selamat bergabung menjadi buruh kapitalis, Zar! :"D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha bergabung, lo udahan ya berarti. siiip to, mari bersemangat mencari sesuap nasi untuk keluarga :D

      Hapus
  3. wah seru banget di epc offshore, sukses zar. kalo ada lowongan ajak2 bisa kali haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. yah lau kan juga di epc bro, bijimane hehehe. siap!!! pasti lah diinfoin kalo ada vacancy2 macem itu

      Hapus
    2. Mas test wawancaranya dalam bahasa atau english dan kalau mas nizar? makasih.

      Hapus
  4. mas wawancaranya dalam bahasa atau english mas nizar tidak keberatan pertanyaan pada saat mas wawancara apa ya mas? Terimakasih

    BalasHapus
  5. wah ada kakak pertama.
    ane batch 3orientasi rabu besok gan.
    dibagian apa gan?salam kenal.
    wildan

    BalasHapus
    Balasan
    1. waw, mantap lah. selamat menikmati masa2 orientasi ya. gue bagian piping dan

      Hapus
  6. mantab mas nizar, bisa berbagi di group offshoreskills jg yuk biar tambah berkah http://www.facebook.com/groups/541824999182681/

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks mas anton, iya saya sudah join kok. nanti kalo ada info, saya infoin juga disana :D

      Hapus
  7. mas nizar mau tanya, orientasi di dsme susah gak mas? trus kemungkinan gagal / gak di permanen kan ada gak? trus satu lagi, ada bonus tahunan nya ga? brp kali gapok mas? thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya susah susah gampang lah mas. untuk lebih detailnya mungkin bisa nanya2 HRD nya pas di-interview mas :)

      Hapus
  8. mau nanya donk
    ne q dapat panggilan dari PT DSME Indonesia,
    Technical Interview, General Interview, Psychological Test
    nah itu bgmn yah??
    tipsnya donk :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya pertama interview HR, itu tentang personality aja kok. Trus technical nya ya ditanya2 tentang teknik dan gitu2 aja. Gue gak tau lo di propose jadi apa, jadi gak tau pertanyaannya apa2. psikologinya waktu batch 1 ga ada psychological tes nya. Tips nya ya banyak doa aja. persiapan yang banyak. Sama aja kok kayak persiapan kerja yang lainnya. Semoga keterima!

      Hapus
  9. sepertinya q akan di marine / ocean / hse enginner,
    sekarang dsana udah brp batch ?
    itu perusahaan dari korea yah?
    gk ada jalan-jalan kekorea gitu??
    hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sampai saat ini ada 4 batch mas. Iya ini perusahaan korea. Ada beberapa orang yang waktu itu dikirim ke korea. Tapi yan cuma "beberapa"

      Hapus
  10. mau nanya donk,
    gaji disana brp?
    dia dlm jmnlh dollar ap rupiah??

    BalasHapus
  11. wew iseng2 cari soal deci nyasar ke blog nya mas nizar hahaha,keren mas kapan ya makan2 d grand melia lagi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha nyasar ya dit, gatau nih kapan kita makan2 di grand melia lagi. tanya bos nya dong, anak buah mah tinggal ikut2 aeee

      Hapus
  12. wah kapan ya bisa join di DSME ini??
    nyari2 lowongan DSEM ketemunya blog ente zar..
    hahahaha...
    Ada 5 kali gw kirim emaile itu ke DSME..
    Mudah2an ada pencerahan dah...

    BalasHapus
  13. Wah mantep nih, tapi kok tu model rig offshorenya helideknya terbalik ya pasangnya...???hehehehe.... tar helikopter mau mndarat dimana kalo terbalik?
    Share dong mas katanya kerja dsana tu ngbetein ya,trus bnyak yg mau resign juga?Trus orang koreanya juga sering bcara ga senonoh ke orang indo nya?Bener ga tu..??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha maap ya namanya juga jaman dahulu kala, jadi ya dipasang2 dulu aeee. Hmmm ini kata siapa dulu nih kalo kerja ngebetein? banyak yang resign? dll nya. satu orang yang ngomong apa banyak? divisi apa? sampe saat ini sih kalo gue pribadi masih seru2 ae. anak2nya asik, jadi kerjanya gak berasa ngebetein. walaupun terkadang ada di fasa kerjaan lo itu2 terus dan terasa sangat statis, tapi nanti ada saatnya lo kerjain hal yang berbeda dan itu jadi seru lagi. kalo yang resign ya banyak gak banyak lah, ada beberapa tapi ga banyak juga. orang koreanya siapa yang ga senonoh? leader gue sih sampe sekarang normal2 aja, kalo kita salah ya ditegor tapi masih dengan cara yang professional kok

      Hapus
  14. Mas nizal ada rekan yg bisa setup project administrator untuk aveva marine,saya mau belajar.wahyu

    BalasHapus
  15. Halo Mas Nizar,,
    Kenalin nama ane Bayu, kmrn barusan Medcheck DECI nih, Semoga bisa segera gabung di Deci.

    Regards, :-)

    BalasHapus
  16. maaf mas nizar klo mau magang atau internship disana bisa ngga yah mas?makasih banyak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kurang tahu sekarang karena saya sudah resign

      Hapus
  17. Buat mas mas dan mba mba sekalian, saya sudah gak di DSME lagi, jadi mungkin kalo mau tanya-tanya lagi saya gak tau update-an terbarunya. Kalo mau baca kenapa saya resign, bisa dicek disini:

    Why Should I Resign as Engineer?
    http://www.nizarland.com/2015/01/why-should-i-resign-as-engineer.html

    BalasHapus
  18. Hi, salam kenal Wah ceritanya menarik. Saya kebetulan baru mau medcheck, pas googling nemu cerita ini. Semoga bisa lolos dan bertahan lama ya :D. Oh ya mau nanya mungkin masih inget, di sana buat PSA pake software apa ya? Caesar II kah atau CAD biasa?

    Thank you :D

    BalasHapus
  19. Hi, salam kenal Wah ceritanya menarik. Saya kebetulan baru mau medcheck, pas googling nemu cerita ini. Semoga bisa lolos dan bertahan lama ya :D. Oh ya mau nanya mungkin masih inget, di sana buat PSA pake software apa ya? Caesar II kah atau CAD biasa?

    Thank you :D

    BalasHapus