Minggu, 20 September 2009

mengenang aba di kala lebaran

hore, hari ini lebaran. minal aidin wal faidzin ya. mohon maaf lahir dan batin.
hari yang ditunggu-tunggu dateng juga, hari kemenangan umat muslim. sholat id, makan ketupat, makan kue lebaran, minta maaf sama orang-orang, dapet ucapan dari sms, itulah kebiasaan pas lebaran. o iya, hari ini gw kerumah umi dada, hale endah sama ameh nila loh.

sama seperti tahun-tahun sebelumnya. agenda gw di hari lebaran pertama. bangun tidur, mandi, sholat id, minta maaf di mesjid, minta maaf ama keluarga di rumah gw, ngiter-ngiter ke tetangga, trus sama nungguin tamu dirumah de, sekalian cobain kue lebaran, trus ke rumah keluarga yang laen de.

pas dirumah hale endah kita ketemu sama keluarga aba gw yang sebenernya banyak yang gak gw kenal sebelumnya. mereka pada ramah-ramah. trus gw dikenalin kalo gw anaknya najib bajri. trus sodara-sodara gw langsung "ooooo, anaknya si najib". mereka ceritain beberapa hal tentang aba gw. yang pertama mereka ucapin pas denger nama aba gw "ooo si najib, masya allah ye orangnye, royal banget". trus ada yang bilang juga "gw inget waktu si najib lagi di petojo bilang ahlan ke semua orang se petojo sampe semuanya kenal dia", trus mereka juga bilang kalo aba gw pinter, masya allah de. gw mao banget niru kebaikan-kebaikan aba gw. coba kalo aba gw masi hidup, mungkin gw bisa contoh dari kebiasaan sehari-harinya dia.

trus gw juga diceritain waktu detik-detik kematian aba gw, katanya kan matanya merem tu. pas gw ama kaka gw dateng (waktu itu gw baru mau jalan 4 tahun) matanya dia langsung melek. mungkin waktu itu dia mao nyampein beberapa pesan terakhirnya ke gw sama kaka gw kali ya. trus beberapa lama kemudian nyawanya uda gak ada. mungkin waktu itu gw gak nyadar. yang masi inget waktu hari kematian aba gw. gw lari-larian di suatu ruangan yang di dalemnya ada banyak ibu-ibu yang sedang nangis. trus gw dipanggil dan dipeluk sama nyokap gw. gw waktu itu gak berasa, gw si seneng aja lari-larian.

ternyata aba gw emang the best. dia masuk ke dalam kategori orang yang harus gw contoh. semoga amal ibadahnya aba diterima allah, dan dosanya diampunin semua. dan gw bertekad untuk menjadi orang yang berguna agar gw bisa nyenengin nyokap gw, demi aba gw

Tidak ada komentar:

Posting Komentar