Rabu, 25 April 2012

Kelas Inspirasi

Berawal dai social media yang sering kita gunakan yaitu Twitter, mungkin banyak orang mengetahui tentang #KelasInspirasi ini. Suatu gerakan dimana para professional yang sudah memiliki pengalaman selama setahun ikut mengajar dan menginspirasi adik-adik kita yang masih duduk di bangku SD. Tujuan utama dilakukannya gerakan ini adalah untuk menanamkan mimpi pada anak-anak SD ini sebagai salah satu fondasi untuk meraih masa depan.

Gerakan ini serentak diadakan di 25 SD daerah Jakarta dengan kurang lebih 200 volunteer professional yang terlibat didalamnya. Salah satu SD yang dilaksanakan #KelasInspirasi yaitu SDN.04 Duri Pulo, Gambir.


Sesuai dengan jam masuk anak SD, gerakan ini dimulai pukul 06.30 pagi. Dimulai dengan berbarisnya anak-anak di lapangan dan diperkenalkannya para volunteer professional yang nantinya akan mengisi kelas mereka. Kemudian para murid masuk ke kelas masing-masing dan para volunteer professional memiliki waktu satu jam untuk coba menginspirasi anak-anak ini dengan cara mereka masing-masing. Kemudian dirolling ke kelas berikutnya dan begitu seterusnya hingga selesai jam sekolah yaitu jam 11.30.


Sangat terlihat sekali tingginya antusiasme gerakan ini pada anak SD itu sendiri. Mereka sangat tertarik untuk mendengarkan dan melakukan banyak aktivitas menarik. Ada seorang dokter gigi yang mempraktekan caranya menggosok gigi yang baik dan cara merawat pasien. Ada juga yang cerita tentang mengantarkan barang ke negara lain melalui pesawat. Dan beberapa aktivitas menarik lainnya.




Foto aktivitas menarik lainnya 








Seperti yang anies baswedan bilang “Pendidikan itu harusnya tidak lagi dipandang sebuah program yang hanya dilakukan oleh pemerintah, lembaga, atau pejabat. Tetapi lebih ke gerakan yang bisa dilakukan oleh siapapun dan banyak orang. Dan sebenarnya caranya sederhana kok dengan datang ke sekolah dan hubungi pihak terkait. Para professional pun termasuk anda dapat tersambung dengan kepala sekolah, dengan murid dan anda dapat melakukan sesuatu untuk pendidikan di negeri ini”


“Tanggung jawab mendidik ada pada setiap orang terdidik”
-Anies Baswedan-

Banyak sekali variasi dari para volunteer professional yang ikut mengajar, mulai dari kerja di cargo pesawat, CEO bank, manager software, style designer, sejarahwan, wartawan, bekerja di perusahaan minyak dan gas, dan masih banyak lagi lainnya.

Untuk yang ingin mendaftarkan diri sebagai volunteer, cukup dengan kunjungi website www.indonesiamengajar.org dan disana ada link tentang kelas inspirasi. Dan isi form yang ada disana. Kita semua bisa menjadi bagian dalam gerakan ini.

Foto ekspresi kebahagiaan anak SD :)



 



Harapan kedepannya, semoga acara #KelasInspirasi bisa dijalankan secara rutin dan sebenarnya gerakan ini mudah untuk diduplikasikan dimanapun. Semoga bisa semakin besar gerakannya dan semakin banyak pula anak kecil yang memiliki mimpi untuk meraih masa depannya.

NIZARLAND
"Where The Land Inspires The World"

2 komentar:

  1. kunjungan gan.,.
    bagi" motivasi.,.
    Saat harapan mu belum terwujud maka jaganlah kamu berhenti berharap dan teruslah berusaha.
    di tunggu kunjungan balik.na gan.,.,

    BalasHapus
  2. mantab ini :)
    ini yg pertama diadain di Jakarta ya Zar
    semoga bisa terus menginspirasi

    BalasHapus